Rabu, 03 November 2010

Mitra peternak Perlukah ?

Banyak usaha yang jatuh bangun, begitu pula dengan usaha peternakan ayam ras apalagi yang dikerjakan secara mandiri. Hal ini merupakan dilema yang terjadi berulang-ulang dan terus terjadi. Sebagai gambaran mari kita cermati berapa harga SAPRONAK ( Sarana Produksi Ternak ) saat ini yaitu meliputi : pakan, DOC, obat-obatan serta sarana pendukung yang lain.
Bila harga pasar dikalangan broker tinggi, maka keuntungan yang akan diperoleh sangatlah besar. Namun sempatkah terpikir oleh anda bila pasaran sedang ambruk? hal ini sering luput dari pemikiran kita karena tergiur oleh hasil yang besar padahal untuk mengembalikan modal memerlukan waktu yang tidak cepat.
Keadaan seperti akan sangat sering anda alami apabila masih memakai cara-cara konvensional seperti diatas kecuali bila memang pangsa pasar anda sangatlah besar dan mejamin pembuangan hasil.
Sebenarnya ada cara yang dapat kita tempuh yaitu dengan bermitra dengan perusahaan/bapak angkat , peternak hanya menyediakan kandang dan peralatanyya. Sapronak disediakan oleh mitra dan peternak menyelenggarakan  usaha pembesaran pada saat panen mitra memasarkan hasil sedangkan bagi hasil dihitung dengan kalkulasi tertentu yang ditetapkan berdasarkan kontrak.
Saat ini banyak sekali model seperti di atas , hanya saja mungkin kita yang belum mengetahui. Masalah lain bagi peternak pemula adalah faktor peternakan dan penguasaan cara beternak yang benar.

Bagi rekan-rekan yang memiliki solusi dalam permodalan harap meniggalkan Comment!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar